Notifications
General

Justin Bieber Pakai Kaffiyeh, Tanda Dukung Palestina?


Sumber foto: X

Justin Bieber baru-baru ini memicu perdebatan setelah tertangkap kamera mengenakan keffiyeh, syal tradisional Timur Tengah yang dikenal luas sebagai simbol solidaritas terhadap Palestina. Foto-foto dirinya memakai keffiyeh berwarna merah-putih viral di media sosial dan mendapat beragam respons dari netizen. Beberapa pihak memuji Bieber atas penggunaan keffiyeh, menganggapnya sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Namun, ada pula yang mengkritik aksinya karena dianggap kurang paham akan makna simbolis dari keffiyeh​.

Belum lama ini beredar foto Justin Bieber berada di dalam mobil mengenakan keffiyeh di kepalanya. Momen ini diunggah oleh akun X @stairwayto3dom.

"Justin Bieber terlihat mengenakan sesuatu yang tampak seperti Keffiyeh Palestina yang melilit kepalanya,” tulis akun tersebut.

Dalam unggahan itu, suami Hailey Baldwin itu tampak mengenakan hoodie putih sembari duduk di balik kemudinya. Keffiyeh dengan warna merah dan putih tersebut terlihat meliliti kepala superstar Hollywood tersebut.

Foto tersebut viral menuai sorotan dan beragam tanggapan dari netizen di X. Foto itu menjadi polemik, karena Justin sebelumnya sempat mengunggah dukungannya terhadap Israel.

Namun beberapa netizen meminta agar fans tidak terlalu bangga dengan foto tersebut karena besar kemungkinan keffiyeh yang dikenakan Bieber bukanlah keffiyeh Palestina. “Itu bukan keffiyeh Palestina. Mungkin, dia dapat suvenir dari Dubai,” ujar akun @sh******

Keffiyeh telah lama dipakai sebagai simbol perlawanan dan keteguhan Palestina, terutama setelah menjadi identik dengan Yasser Arafat, pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina, yang sering mengenakan syal ini dalam kegiatannya. Meskipun kini juga digunakan sebagai tren mode di berbagai belahan dunia, makna politis dan historis keffiyeh bagi rakyat Palestina tetap kuat. Akibatnya, tindakan Bieber memakai syal tersebut di tengah konflik antara Israel dan Palestina mengundang kritik tambahan dari beberapa kalangan yang mempertanyakan apakah ia memahami pesan yang mungkin ditimbulkan dari penampilannya.


Post a Comment
Berita Populer
Scroll to top